Selasa, 04 November 2014

Cara Membuat Program Looping Bilangan Prima

Program ini adalah Program Looping Bilangan Prima. Sebelumnya kalian sudah tau apa itu Program Looping dan Bilangan Prima ?
Baik, disini KangNemo akan jelaskan sedikit tentang Program Looping dan Bilangan Prima.

Looping adalah proses berulang terhadap statement maupun serangkaian statement lebih dari satu kali dengan menggunakan kode atau perintah tertentu.
Bilangan Prima adalah bilangan yang hanya habis dibagi satu dan bilangan itu sendiri. contoh: 2,3,5,7,11,....,dst

Nah jadi inti dari Program ini adalah Jika program ini dijalankan, maka hanya akan menampilkan output bilangan prima (2,3,5,7,11,....,dst). Untuk kali ini KangNemo mencoba membat program ini menggunakan bahasa Java dengan Software pendukung Netbeans.

Oke langsung saja kita ke pembuatan. Cekidot!

  • Buka/Open software Netbeans sobat. jika belum punya, silahkan cari di google. (Disini KangNemo menggunakan Netbeans IDE versi 7.4)
  • Maka akan muncul tampilan program seperti dibawah ini
Netbeans IDE Versi 7.4
Netbeans IDE Versi 7.4
  • Klik FILE > New Project untuk membuat project baru.
  • Pilih Java > Java Application > Klik NEXT > Isikan Project Name terserah kalian, contoh: jva_looping > Klik FINISH.
  • Klik Project yang kita buat tadi > Klik Kanan > New > Pilih JFrame Form > Isikan nama Class Name dengan jfr_looping.
  • Kemudian terlihat kotak kosong ditengah, itu adalah frame yang akan kita gunakan untuk menambahkan label , kotak teks , kotak hasil , dan tombol proses.
  • Design program sesuai keinginan anda dengan mengklik tombol-tombol yang tersedia di sebelah kanan program dengan cara Klik salah satu yang ingin anda masukkan kedalam program, Tarik dan masukkan kedalam kotak kosong yang berada ditengah.
  • Susunlah sesuai keinginan anda atau susun seperti yang telah saya buat dibawah ini
Desain Program
Desain Program
  • Untuk memulai menaruh script kedalam program tsb, ubahlah terlebih dahulu Nama Variabel TextField , Button , dan TxtArea dengan cara Klik Kanan TextField/Button/TxtArea > Pilih Change Variabel Name > Isi sesuai keinginan anda. (Disini KangNemo memberi nama variabel TextField "txt_awal" dan "txt_akhir", untuk Button "btn_baru" , "btn_proses" dan "btn_keluar" , dan untuk TxtArea "txt_hasil").
  • Klik 2x Tombol Baru (btn_baru) , maka akan terlihat seperti tampilan dibawah ini
Penempatan Listing Program
Penempatan Listing Program
  • Masukkan Kode Program berikut dibawah // TODO add your handling code here:
txt_awal.setText("");
txt_akhir.setText("");
txt_hasil.setText("");
txt_awal.RequestFocus();
  • Selanjutnya Klik Tombol Proses (btn_proses) , masukkan kode program berikut
int x,z,prima,awal,akhir;
awal = Integer.valueOf(txt_awal.getText());
akhir = Integer.valueOf(txt_akhir.getText());


for (x=awal;x<=akhir;x++)
    {
            prima=0;
            for (z=awal;z<=akhir;z++)
            {
                    if (x%z==0)
                    {
                           prima=prima+1;
                    }
            }
            if (prima==2 && x!=1)
            {
                txt_hasil.append(String.valueOf(x + "\n"));
            } 
  • Selanjutnya Klik Tombol Keluar (btn_keluar) , masukkan kode program berikut
dispose();
  • Jika semua tombol telah kita masukkan kode program, kita bisa menjalankan program tersebut dengan cara klik tanda |> berwarna hijau atau tekan F6. Maka akan tampil seperti gambar dibawah ini
Hasil Program yang telah kita buat
Hasil Program yang telah kita buat
Program Looping yang telah kita buat telah selesai...
Selamat berkreasi...

2 komentar:

  1. itu maksud dari if ( (prima == 2) && (x != 1)) itu apa? fungsinya apa? mohon di jelaskan terimakasih :)

    BalasHapus
  2. Golden Casino Online ⋆ Review + Bonus Offers from TOP Online
    Golden Casino offers an exclusive welcome vua nhà cái package m88 ทางเข้า with its slots, jeetwin table games, live dealer games, mobile-optimized games, generous welcome bonuses and the best

    BalasHapus